MENCIPTAKAN KEMANDIRIAN EKONOMI DISABILITAS MELALUI KELOMPOK PEMBERDAYAAN DISABILITAS KALURAHAN YANG MERUBAH LIMBAH MENJADI RUPIAH

Semin, Jum'at, 11 Maret 2022. Terciptanya rasa kekeluargaan diantara sesama disabilitas menjadi visi dari Kelompok Pemberdayaan Disabilitas (KPD) Mitra Handayani Kalurahan Rejosari Kapanewon Semin Kab.Gunungkidul. Bukan hal yg mudah untuk memgajak disabilitas keluar dari rumah karena permasalahan mobilitas dan kurangnya rasa percaya diri juga masih banyak pemikiran "kalau datang ke acara, saya dapat apa". Inilah yg menjadikan stigma negatif bahwa disabilitas hanya butuh bantuan saja dan tidak bisa di berdayakan. Ada juga anggapan dari masyarakat bahwa disabilitas itu di berikan bantuan sudah beres masalahnya. Apakah itu benar ? Tentu tidak. Pada kenyataannya bantuan yg di berikan belum cukup untuk memenuhi kebutuhan mereka yg 3 kali lipat dari kebutuhan orang non disabiltas. 

Dengan adanya kelompok disabilitas ini, semakin mudah disabilitas mendapatkan berbagai informasi penting dan pelatihan ketrampilan. Salah satunya yg di lakukan oleh KPD Mitra Handayani ini adalah memproduksi keset tenun dan keset anyam dari kain perca. 

Kendala yg di hadapi adalah pemasaran produk dan beratnya pesaing dari luar daerah yg menjual keset perca jauh lebih murah dari Mitra Handayani. 

Untuk memgatasi kendala tersebut, strategi Mitra handayani adalah dengan meningkatkan kualitas produk dan mencari sasaran pasar lain misalnya orang - orang yg peduli terhadap disabilitas, dengan mengikuti pameran produk, dan menitipkan di DEC Mitra sejahtera untuk di pasarkan ke luar daerah. Harapannya semoga produk dari Mitra handayani lebih di kenal masyarakat luas, laris terjual sehingga meningkatkan ekonomi keluarga disabilitas di Rejosari. 

 

"Mitra Handayani" 

Berita populer

MENCIPTAKAN KEMANDIRIAN EKONOMI DISABILITAS MELALUI KELOMPOK PEMBERDAYAAN DISABILITAS KALURAHAN YANG MERUBAH LIMBAH MENJADI RUPIAH
TEMU KANGEN FORUM DISABILITAS TANGGUH BENCANA (FDTB) GUNUNGKIDUL BERSAMA MANTAN BUPATI GUNUNGKIDUL
PENDATAAN DISABILITAS UNTUK AKSES JAMKESUS TERPADU GUNUNGKIDUL
PENGERTIAN CUACA EKSTREM
PENGERTIAN CUACA EKSTREM
  • Senin, 07 Mar 2022, 01:25:35 WIB
Rapat Koordinasi FPRB Gunungkidul dengan BPBD Gunungkidul

Statistik Pengunjung

  • User Online 1
  • Today Visitor 169
  • Total pengunjung 77393